PERMASALAHAN YANG DIHADAPI ANAK SULIT BELAJAR

Posted on 02 November 2011 by dokterai

Ada beragam kesulitan belajar yang selama ini sering diperbincangkan, yaitu gangguan persepsi (perceptual handicaps), luka otak (brain injury), disfungsi minimal otak (minimal brain disfunction), kesulitan mengendalikan gerak tubuh (motor skills disorder), kesulitan menulis (disorder of written expression), kesulitan membaca (dyslexia), kesulitan berhitung (mathematics disorder, sering juga disebut diskalkulia), gangguan berkomunikasi seperti kesulitan memahami kata-kata (aphasia), kesulitan dalam menerima dan mengekspresikan isi pikiran, serta gagap (stuttering).

Yang tidak termasuk dalam special learning disorder ialah anak-anak dengan kesulitan belajar yang disebabkan gangguan penglihatan, pendengaran, cacat motorik, keterbelakangan mental, gangguan emosional, atau keadaan lingkungan kebudayaan dan ekonomi yang tidak menguntungkan (Cartwright, 1981 dalam Mangunsong, dkk, 1998 dan Nolen-Hoeksema, dalam Abnormal Psychology, 2007).

Kesulitan belajar yang terjadi tidak hanya berdampak bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi juga dalam kehidupan keluarga dan dapat pula memengaruhi interaksi anak dengan lingkungannya. Bayangkan bila anak sulit memusatkan perhatiannya untuk belajar, kondisi ini akan membuat anak mengalami kesulitan di dalam kelas dan mungkin tertinggal dalam satu atau beberapa mata pelajaran tertentu. Anak merasa tertekan, orangtua pun mungkin akan kebingungan atas problem yang dihadapi anak. Bahkan orangtua merasa frustasi, marah, kecewa, putus asa, merasa bersalah atau menolak.

Dengan kondisi ini justru membuat anak yang mengalami kesulitan belajar merasa lebih terpojok lagi. Mereka sering kali menuding dirinya sebagai anak bodoh, lambat, berbeda dan terbelakang. Untuk menutupi hal itu, anak-anak ini kerap malu, rendah diri, berperilaku nakal, agresif, impulsive atau bahkan menyendiri/menarik diri. Sering kali mereka tampak sulit berinteraksi dengan teman-teman. Hal ini menandakan terganggunya harga diri anak.

1 Comments For This Post

  1. Johannah Says:

    I cannot tell a lie, that really heepld.

Leave a Reply

Iklan

eXTReMe Tracker